Beranda » Kesehatan » Gejala dan penyebab utama penyakit asam urat

Gejala dan penyebab utama penyakit asam urat

Dilihat 154x | Tags Kesehatan,

Gejala dan penyebab utama penyakit asam urat Mei 2019

Gejala dan penyebab utama penyakit asam urat - Gout atau asam urat adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bengkak, dan sensasi panas pada persendian. Meskipun semua sendi di tubuh mungkin terkena asam urat, sendi jari-jari, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki sering diserang. Terkadang orang awam menyebut penyakit ini asam urat.

Pria lebih rentan terhadap infeksi asam urat daripada wanita, terutama jika mereka lebih dari 30. Pada wanita, penyakit ini biasanya pascamenopause. Orang dengan gout biasanya mengalami gejala dengan cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan terjadi tidak hanya di persendian, tetapi juga di persendian, disertai dengan warna kulit yang kemerahan. Pada tahap ini, pasien tidak bisa bergerak bebas.

Baca Juga : Obat Herbal Stroke

Baca Juga : Madu Anak

Penyebab asam urat

Gejala nyeri dan pembengkakan asam urat terbentuk dengan menusuk kristal tajam di sekitar sendi karena penumpukan asam urat. Seseorang yang makan makanan yang meningkatkan kadar asam urat (seperti jeroan, makanan laut, daging merah) dan orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol beresiko tinggi untuk gout. Selain itu, juga rentan terhadap obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal kronis.

Menurut penelitian, seseorang dengan keluarga dengan gout juga mungkin terkena penyakit yang sama. Dengan kata lain, penyakit ini juga bersifat genetik.

Gejala penyakit asam urat

Sendi tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama jempol kaki) adalah gejala umum gout. Seringkali orang dengan kondisi ini akan mengalami kesulitan karena rasa sakit, yang sangat mengkhawatirkan. Meski bisa terjadi kapan saja, gejalanya biasanya lebih terasa pada malam hari.

Tidak hanya sendi-sendi besar jempol kaki, tetapi juga sendi-sendi lain pada level ekstrim yang rentan terhadap gout. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, midsoles, lutut, pergelangan tangan, jari dan siku.

Sebagian besar rasa sakit berkembang dengan cepat dalam beberapa jam. Rasa sakit yang hebat ini disertai dengan pembengkakan, kehangatan dan penampilan merah pada sendi-sendi persendian.

Serangan asam urat biasanya berlangsung 3-10 hari. Ketika gejalanya berkurang dan membengkak, kulit di sekitar sendi yang terkena tampak terkelupas, terkelupas dan gatal. Meskipun serangan dapat mengurangi diri mereka sendiri, ini tidak boleh diabaikan. Di antara hal-hal lain, perawatan harus dilakukan untuk mencegah risiko kekambuhan dengan peningkatan keparahan gejala, risiko penyebaran ke sendi lain dan risiko cedera sendi permanen.

Sumber : https://www.nutrinext.co.id/

Didukung Oleh : https://www.nutrinextlastabumin.co.id/


Keywords : pengobatan asam urat, tanda dan gejala asam urat, penyebab asam urat dan cara mengatasinya, pengertian asam urat, asam urat dan kolesterol, pencegahan asam urat, mengobati asam urat, bahaya asam urat,